Wednesday, July 11, 2007

Akses Komputer Remote

Written by Jive
Thursday, 10 May 2007

Gw mau berbagi ilmu sedikit, sederhana aja sih, mudah2an bermanfaat bagi yg newbie.

Kadang kita ada dalam situasi perlu mengakses komputer lain di suatu kantor atau sekolah. misalnya kita sedang menggunakan comp1 trus kita mau mencari file/data yang ada di comp3, bagaimana ya caranya tanpa harus pindah duduk ke comp3. Karena kan mungkin aja comp3 sedang dipake siswa lain, atau comp3 ada di ruangan lain….

untuk bisa masuk ke dalam sistem comp3 ada 2 cara. bisa melalui command prompt atau langsung melihat desktop comp3.

1. Melalui command prompt, kalau kita menggunakan OS windows, bisa dengan menggunakan perintah telnet. tentu kita harus tahu nomor IP comp3 atau nama komputer tersebut (misalnya class04) maka ketik aja telnet 192.168.0.44 or telnet class04. nanti kita akan ditanyakan username & password yg ada di comp3 itu. kalau username & password bener, kita akan langsung masuk ke comp3 tsb, kalo udah masuk silakanlah melihat2, tentu saja kita harus tahu perintah2 standar di dos, seperti dir dll. untuk pengguna Linux bisa menggunakan perintah ssh. caranya sama : ssh 192.168.0.44. kalau ssh biasanya akan langsung me-login dgn username di komp yg kita gunakan, kalo mau pakai user lain, bisa pakai ssh -l namauser 192.168.0.44.

2. Remote Desktop, ini kalau kita mau melihat comp3 langsung melalui desktop alias menjadikan tampilan/desktop comp3 seakan2 ada di comp1. caranya menggunakan Remote Desktop Connection (RDC)yang biasanya ada di Accesories>>Communication (win XP). tinggal di klik trus masukkan nama komputer atau IP-nya trus pilih connect. Tapi sebelumnya RDC comp3 harus diaktifkan/dienable-kan dulu. kalau nggak maka nggak bisa connect. Untuk pengguna Linux bisa memakai VNCViewer. caranya juga sama, aktifkan dulu RDC di comp3 melalui panel administration dan masukkan password. trus di shell ketikkan vncviewer, nanti akan muncul panel kecil, masukkan IP comp3 trus masukkan password. langsung deh muncul. RDC memang prosedurnya harus diaktifkan dulu, kalau nggak bahaya dong, nanti ada orang yg bisa melihat kerjaan kita, jd tujuannya bukan untuk spy tapi mempermudah kerjaan kita menggunakan lebih dari 1 komputer.

Bagi yang belum pernah tau, silakan nyoba …

No comments: