Friday, July 6, 2007

SPMB 2007 di USU dan Unimed Dimulai Hari Ini Aparat Keamanan Dikerahkan untuk Kelancaran dan Cegah Kecurangan

Medan,

Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) 2007 di Universitas Sumatera Utara dan Universitas Negeri Medan (Unimed) dimulai Rabu (4/7) hari ini.

Sebanyak 15.832 peserta akan mengikuti ujian SPMB 2007 di PL-12 Unimed yang akan dilaksanakan di berbagai lokasi selama dua hari.

Rektor Unimed Drs Syawal Gultom MPd didampingi Pembantu Rektor II Drs Chairul Azmi MPd dan Ketua PL-12 Unimed Prof Dr Hj Djanius Djamin SH MS kepada Analisa, Selasa (3/7) mengatakan, peserta SPMB 2007 ini meningkat dibanding tahun lalu.

Hari pertama, akan diujikan Kemampuan Kuantitatif dan Kemampuan Bahasa untuk semua kelompok mulai pukul 08.00-10.30 WIB. Sedang hari kedua akan diujikan Kemampuan IPA untuk kelomok IPA dan IPC mulai pukul 07.30-10.00 WIB serta pukul 11.00-12.30 WIB akan diujikan Kemampuan IPS untuk kelompok IPS dan IPC.

Guna kelancaran pelaksanaan SPMB 2007 ini, pihak panitia telah menyiapkan 1.555 pengawas ujian terdiri dari kepala ruang 669 orang, pengawas 776 orang dan siaga 110 orang. Penanggung jawab juga disiapkan di 21 lokasi serta koordinator 47 orang. Tim kesehatan juga disiapkan sebanyak 4 orang dokter.

Syawal mengatakan, dengan penempatan personil yang demikian lengkap ditambah dengan personil keamanan sebanyak 178 orang terdiri dari 5 staf, 17 pengamanan tertutup, 48 Menwa, 50 Satpam Unimed, 10 Polantas Sei Tuan, 5 Sabhara Medan Barat, 6 Sabhara Medan Timur, 17 Sabhara Percut Sei Tuan, 10 Poltabes dan 10 Poldasu.

“Dengan kekuatan pengamanan yang begitu kuat kita berharap pelaksanaan SPMB berjalan lancar, terutama dari kemungkinan adanya kecurangan-kecurangan seperti praktek gacok dan lainnya,” katanya.

Dijelaskan, lokasi ujian yang digunakan Sektor I IPA di UMSU Mercu Buana, Universitas Dharmawangsa, Perguruan Budi Murni, SMAN 7.

Sektor II IPS di FIK, FMIPA, FE, FBS, FIS, Gelanggang Mahasiswa Unimed dan SMPN 27 Jalan Slamet Ketaren.

Sektor III IPC di IAIN Sumut, FIP Uimed, UMA, MAN 1, MAN 2, SMKN 1/STM 4, SMK-SMA Teknologi Teladan dan SMPN 35.

PESERTA CACAT

Karena cacat, mengalami kecelakaan, dan sakit, sebanyak enam orang dari 24.217 peserta ujian SPMB USU akan mengikuti ujian di Kantor Panitia Lokal (PL), Jalan dr Mansyur, Medan.

“Mereka sudah melapor dan ujiannya akan kami pusatkan di Kantor PL SPMB USU,” kata Ketua Panitia, Prof Dr Ir Sumono MS, melalui Penanggung Jawab Informasi, Drs Siswo Suroso MSi, yang dihubungi Analisa.

Siswo menjelaskan, keenam peserta yang mengikuti ujian untuk kelompok Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Campuran (IPC) itu terdiri dari penyandang tuna netra satu orang, cacat fisik lainnya dua orang, akibat kecelakaan dua orang dan seorang lainnya karena sakit.

Ketiga penyandang cacat, katanya, sudah melaporkan kondisinya tersebut sejak pendaftaran dibuka. Tiga peserta yang mengalami kecelakaan, di antaranya sampai patah kaki dan sakit juga sudah melaporkan kondisi anaknya tersebut.

“Orang tua mereka sudah melapor ke panitia dan sudah meminta rekomendasi dokter agar diizinkan untuk mengikuti ujian di PL SPMB USU,” kata Siswo.

Dengan demikian diperkirakan tidak akan ada peserta SPMB di USU yang akan mengikuti ujian di lokasi-lokasi khusus lainnya, misalnya di rumah sakit.

Hingga kemarin, kata Siswo, seluruh persiapan panitia untuk menggelar hajatan nasional ini sudah rampung, khususnya lokasi dan soal ujian. “Hingga sejauh ini, sesuai hasil evaluasi panitia, semua persiapan untuk SPMB sudah berjalan dan rampung,” ungkapnya.

Menjawab Analisa, Siswo menyebutkan, peserta sudah masuk ke dalam kelas untuk mengikuti latihan pengisian soal pada pukul 07.30 hari ini, sebelum dimulainya waktu ujian setengah jam kemudian.

Ujian SPMB USU akan dilaksanakan di 40 lokasi yang terbagi ke dalam tiga sektor. Sektor I Fakultas Kedokteran (FK) USU untuk IPC sebanyak 12 lokasi, Sektor II Politeknik Negeri Medan (Polmed) untuk Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 15 lokasi dan Sektor III Perguruan Yaspendhar untuk IPS 13 lokasi. (sah/gas)

No comments: